5 Cara Mudah Menjaga Diri & Pikiran Ketika Emosi Tidak Stabil

5 Cara Mudah Menjaga Diri & Pikiran Ketika Emosi Tidak Stabil

Setiap manusia yang dilahirkan ke dunia pasti memiliki emosi atau kemampuan pengendalian diri yang berbeda. Emosi sendiri adalah bentuk dari perasaan yang ditunjukan kepada seseorang atau sesuatu baik itu perasaan senang, marah, sedih, takut atau lainnya. Setiap harinya pasti ada saja kejadian atau momen yang memancing emosi kita untuk keluar.

Tak jarang ketika perasaan emosi seperti rasa marah terhadap orang atau suatu masalah terjadi, dapat membuat kita sampai lupa diri dan berpikir tidak rasional yang ujung ujung nya masalah tidak dapat diselesaikan dan terkadang menimbulkan masalah baru. Tentu kalian tidak ingin hal tersebut terjadi bukan ?

Saat ini sudah banyak dokter atau psikiater yang dapat membantu kita untuk mengendalikan emosi dan tetap menjaga diri tetap rasional. Namun bagi kalian yang malas untuk pergi ke dokter atau psikiater entah karena mahal atau apa ? kalian bisa menyimak cara mudah menjaga emosi dan tetap rasional dibawah ini.

(Picture by: unsplash.com)

1.  Menenangkan diri dan jauhi keributan

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk menjaga dirimu agar tetap rasional serta dalam kendali ketika emosi  bercampur aduk yaitu dengan cara menenangkan diri dan menjauh dari keributan serta keramaian. Salah satu tempat untuk menyendiri bisa di kamar atau tempat lain yang menurut kalian itu sepi.

Dengan berada di tempat yang tenang serta nyaman akan membantu kalian untuk merefresh pikiran dan membantu menenangkan hati. Dengan begitu, emosi yang kalian rasakan mampu diredam atau dikendalikan dan tidak membuat anda lupa diri akibat emosi yang meledak ledak dalam diri kalian.

 

2.  Tidak mengeluarkan kata kata kasar

Sering kali ketika kita emosi hal yang lakukan adalah mengumpat atau berkata kasar. Cara kedua ini memang perlu pembiasaan, cobalah sebisa mungkin menahan diri untuk berkata kasar ketika sedang emosi. Cara ini sangat ampuh untuk menjaga perasaan emosi kalian agar tetap terkendali. Selain itu yang perlu kalian ketahui adalah ucapan tersebut merupakan salah satu bentuk dari ekspresi diri

3.  Meluapkan emosi dengan menangis dan istirahatlah

Cara ketiga yang dapat kalian lakukan kalau  masalah yang kalian hadapi sangat berat dan  menguras perasaan yaitu melupakannya dengan menangis. Menangis bukan berarti kalian cengeng, menangis adalah salah satu bentuk ekspresi diri yang lebih baik kalian lakukan daripada kalian marah kemudian merusak barang dan membuat orang di sekitar kalian takut. Biasanya setelah menangis kalian akan merasa lebih baik dan mampu berpikir jernih serta tetap rasional.

 

4.   Mencari orang terdekat yang mampu menenangkan kalian

Cara ini sangat recomended buat kalian lakukan untuk mengendalikan emosi tetap terjaga dan berpikir rasional. Ketika rasa emosi muncul kalian bisa menghilangkannya dengan cara berada dekat dengan orang yang bisa menenangkan kalian seperti sahabat, pacar, suami, ibu atau lainnya. Dengan  berada di dekat orang yang tepat, kalian bisa berbagi kesedihan, kemarahan dan perasaan emosi lainnya sehingga emosi kalian tetap terjaga.

5.   Menyelesaikan masalah ketika emosi dan pikiran sudah tenang

Cara terakhir yaitu untuk menjaga diri kalian tetap rasional saat emosi tidak stabil yaitu dengan menyelesaikan atau menghadapi masalah ketika kalian sudah merasa tenang dan stabil. Dengan perasaan yang tenang dan pikiran yang jernih kalian dapat menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang kalian hadapi..

Menjaga diri untuk tetap tenang dan tidak mudah emosi sangat penting kalian lakukan apalagi sebagai makhluk sosial. Keuntungan yang dapat kalian rasakan ketika mampu menahan emosi sangat banyak dan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Cara diatas tentu sudah terbukti ampuh untuk kalian ikuti untuk menjaga emosi tetap stabil dan menjaga diri tetap rasional.

Leave a Reply