Jalan Kaki, Olahraga Aman di Tengah Pandemi Corona

Jalan Kaki, Olahraga Aman di Tengah Pandemi Corona

Seperti yang sudah disampaikan pada awal pembahasan, jika olahraga merupakan  cara terbaik untuk tetap sehat di tengah pandemi corona. Salah satu olahraga paling bagus dan juga murah untuk dilakukan yaitu jalan kaki. Menariknya, berjalan kaki bukan hanya murah dan  mudah saja. Lebih dari itu jalan kaki menyimpan berbagai alasan kenapa bisa menjadi olahraga terbaik saat corona.

1.   Mampu Meningkatkan Kekuatan Otot

Sudah terbukti dengan berjalan kaki maka mampu mengatasi berbagai masalah penuaan yang mengakibatkan kekuatan otot menjadi berkurangnya. Terlebih usaha manusia yang terus menerus bertambah sehingga juga berpengaruh terhadap massa otot.
Anda bisa tetap menjaga kekuatan otot dengan baik dengan cara meningkatkan massa otot serta mengencangkan otot pada bagian area tertentu, salah satunya pada bagian punggung serta kaki.

2.   Menjaga Tulang Tetap Kuat

Perlu digaris bawahi jika usia juga berpengaruh terhadap massa tulang. Semakin bertambahnya usia seseorang tulang juga mengalami penurunan. MedlinePlus memberikan penjelasan mengenai hal ini, khususnya terkait dengan postur serta gaya berjalan yang terus berubah saat seseorang bertambah usia.
Namun tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa menjaga tulang tetap kuat dengan rutin berjalan kaki. Hal tersebut dikarenakan saat seseorang sedang berjalan kaki maka beberapa sel tulang yang dikenal dengan osteoblas merespon dengan baik aktivitas tersebut. Hingga akhirnya bisa menjaga tulang tetap kuat meskipun usia terus menerus bertambah.

3.   Membantu Proses Pembakaran Lemak

Untuk Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan serta tidak ingin bergantung dengan berbagai peralatan, maka bisa memilih jalan kaki untuk membantu membakar lemak berlebih.
Beberapa hasil studi menunjukkan berbagai manfaat mengenai aktivitas jalan kaki yang dilakukan dengan teratur efektif membakar lemak berlebih. Anda bisa memulai dengan rutin melakukan jalan kaki baik di pagi ataupun sore hari setelah beraktivitas.

4.   Mampu Menjaga Suasana Hati

Tidak sedikit orang yang mengalami kecemasan ketika menghadapi pandemi coroan ini. Jika hal tersebut terus menerus terjadi, tentu akan berdampak buruk untuk kesehatan Anda nantinya.
Untuk membuat suasana hati tetap baik, Anda bisa mulai dengan melakukan aktivitas fisik. Pasalnya aktivitas fisik dikenal ampuh memberikan dampak positif untuk meningkatkan mood seseorang.

5.   Meningkatkan Kreativitas

Dilansir dari hasil studi tahun 2004 di Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition, disebutkan jika jalan kaki mampu meningkatkan kreativitas. Hal ini dihasilkan dari sebuah penelitian antara orang yang duduk dan jalan kaki. Kabar baiknya, orang yang berpikir sambil berjalan kreativitasnya meningkat.

6.   Membuat Jantung Tetap Sehat

Mampu meningkatkan jantung tetap sehat inilah yang menjadi alasan banyak orang untuk aktif berjalan kaki di tengah pandemi corona. Beberapa hasil studi menunjukkan jika rutin berjalan kaki maka bisa membuat kondisi hati lebih kuat.

Untuk itu melakukan jalan kaki, aerobik mampu meningkatkan jantung dan tekanan darah lebih stabil. Dengan demikian resiko terkena serangan jantung juga bisa diatasi sedini mungkin.
Yuk segera agendakan jalan kaki untuk hidup sehat di tengah pandemi corona. Selamat berolahraga.

Leave a Reply