Pentingnya Email Marketing untuk Kebutuhan Promosi Perusahaan

Pentingnya Email Marketing untuk Kebutuhan Promosi Perusahaan

Email marketing itu sebagai bentuk pemasaran yang berfungsi memasarkan atau promosi produk/jasa yang akan memberikan informasi terkait perusahaan melalui email. Proses seperti ini jauh lebih simpel dan efektif, dibandingkan harus membuat brosur, kupon, dan mencoba cara konvensional lainnya. Era digital memberikan kemudahaan dan tidak repot.

Kemajuan teknologi kadangkala tidak dimanfaatkan dengan baik oleh beberapa perusahaan, bahkan ada beberapa perusahaan masih tetap melakukan cara konvensional yang pastinya memberikan dampak pada biaya pengeluaran perusahaan yang tinggi. Melalui ini, kenapa begitu pentingnya email marketing sebagai bagian dari pemasaran yang berkelanjutan. Simak!

Beberapa Manfaat Email Marketing

1. Biaya Yang Murah

Untuk Anda yang baru merintis usaha atau dikenal usaha kecil menengah, mungkin dapat melakukan cara ini sebagai bagian dari bentuk promosi. Menurut penelitian, sekitar 85 %  toko mendapatkan pelanggan baru melalui email. Walaupun terkesan kuno, nyatanya cara ini masih cukup menarik untuk diterapkan.

Proses kerjanya tidak begitu sulit dan membutuhkan banyak biaya, hal yang perlu dilakukan adalah dengan membuat perencanaan yang matang, sistem jadwal yang ketat, dan utamakan kreatifitas dalam memasarkan. Serta, perlu diingat untuk selalu menggunakan bahasa yang sopan, agar perusahaan Anda dapat dilirik oleh pelanggan.

2. Cara Efektif Untuk Memberikan Informasi

Poin kedua, berikan pelanggan informasi yang selalu up to date dan tetap terhubung. Adanya email marketing tidak bisa dianggap sepele, menurut penelitian Nielsen sebanyak 28 % menunjukkan beberapa konsumen terus mengecek email dari berbagai toko tertentu untuk mendapatkan informasi. Lain halnya Studi Loyalty 360, bahwa 59 % ibu rumah tangga bersedia untuk berlangganan email dari suatu produk apabila ditawarkan diskon, hadiah, dan semacamnya.

Pentingnya Email Marketing masih menjadi bagian dari alat untuk memasarkan produk Tidak lupa juga untuk tetap menjaga hubungan dengan para pelanggan melalui email-email yang berisi informasi terkait perusahaan, baik untuk pemasaran produk baru dan perkembangan dari perusahaan.

3. Cukup Menggunakan Ponsel

Perkembangan smartphone menjadikan sistem kerja jauh lebih mudah dan praktis, beberapa orang menggunakan smartphone bukan lagi sebagai alat telepon, chatting dan media sosial semata, tetapi lebih dari itu yang menjadikannya sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan.

Penelitian menyatakan bahwa hampir 52 % pelanggan membuka emailnya melalui smartphone. Hal ini memberikan peluang yang besar, daripada harus menggunakan media lainnya seperti SMS dan mengantarkan surat secara langsung. Selain membutuhkan tenaga yang banyak, juga berdampak pada keuangan perusahaan. Dengan menggunakan email, Anda dapat dikreasikan dengan berbagai kreatifitas dan pemaparan informasinya dapat lebih lengkap.

4. Terintegrasi Dengan Pemasaran Lainnya

Terakhir, Dalam berbisnis itu banyak berbagai perubahan yang harus siap untuk dihadapi. Email marketing mungkin bisa dapat diterapkan dan digabungkan dengan berbagai media lainnya, sehingga mampu untuk mendapatkan pelanggan baru.

Konsep yang fleksibel ini, memberikan ruang lebih bahwa email marketing tetap memberikan peluang kedepannya, hal ini tergantung dari tim yang dibentuk dan kreatifitas dari tim itu sendiri.  Karena, apabila lambat dalam mengikuti perkembangan, maka sama saja Anda tetap akan tertinggal.

Ada beberapa platform baru dari kemajuan era digital ini, selaku pebisnis Anda harus selalu siap dalam menghadapi perubahan. Oleh karena itu, pentingnya kinerja tim yang solid dan melihat peluang baru dengan memanfaatkan sumber yang ada untuk kemajuan perusahaan. Cara konvensional mungkin bisa bersaing, tetapi untuk era sekarang pentingnya email marketing masih sangat relevan dan daya jangkaunya yang luas.

Leave a Reply