(Picture by:pexels.com/dominica.roseclay)
Di era bisnis online seperti sekarang ini influencer dikenal sebagai ujung tombak dalam promosi sebuah perusahaan. Banyak orang yang sepakat jika menggunakan jasa influencer maka bisa dengan mudah meningkatkan penjualan. Meskipun demikian belum tentu menggunakan influencer benar-benar mampu meningkatkan penjualan.
Dengan demikian, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan menggunakan jasa influencer. Terlebih jika Anda sedang melakukan campaign seperti membagikan souvenir promosi perusahaan. Pastikan Anda menggunakan influencer yang tepat.
Tips Sebelum Menggunakan Jasa Influencer
1. Meneliti Keaslian Followers
Ketika Anda sedang mencari influencer, jangan lupa untuk memperhatikan asli tidaknya followers. Pasalnya sekarang ini sangat banyak akun palsu bertebaran. Jika followers yang ada hanyalah followers palsu, maka pembagian souvenir promosi perusahaan yang sedang Anda lakukan akan sia-sia.
2. Menyesuaikan dengan Target Market
Jika Anda sudah memperhatikan keaslian followersnya, selanjutnya silahkan Anda sesuaikan influencer yang sesuai dengan target market Anda. Sebaiknya Anda memilih influencer dengan followers yang sesuai dengan target market Anda.
Misalnya saat ini Anda sedang bergelut di dunia bisnis yang menjual produk berupa hijab, maka Anda bisa memilih selebgram hijab yang dengan mayoritas pengikut berupa anak muda. Ini sangat penting supaya promosi yang sedang Anda lakukan tidak sia-sia belaka.
3. Perhatikan Followersnya Apakah Fans atau Haters
Sudah menjadi rahasia umum jika seseorang semakin terkenal, maka semakin banyak juga hatersnya. Namun dalam hal ini ternyata banyak haters yang juga menjadi followers dengan tujuan bisa mengetahui setiap aktivitas yang dilakukan influencer tersebut.
Untuk itu sebaiknya Anda lebih berhati-hati. Jika ternyata banyak haters, maka akan memberikan dampak buruk untuk bisnis Anda kedepannya nanti. Untuk itu Anda bisa mengamati dari komentar yang diberikan. Jika banyak komentar negatif, bisa jadi itulah hatersnya.
4. Memperhatikan Kualitas Konten
Jangan lupa juga untuk memperhatikan masing-masing konten milik akun influencer. Apakah kontennya menarik untuk kebutuhan marketing. Jangan sampai kontennya dikemas dengan asal-asalan sehingga promosi yang Anda lakukan berakhir dengan sia-sia.
Mengenai hal ini biasanya ada dua pilihan. Ada beberapa influencer yang hanya bertugas memposting, sehingga semua konten dari Anda. Namun ada juga yang membuat kontennya sendiri. Hal tersebut biasanya disesuaikan dengan perjanjian awal yang Anda buat. Jika memang Anda sehari yang membuat pastikan Anda menyiapkan konten yang memang berkualitas.
5. Perhatikan Budget
Semakin terkenalnya influencer biasanya juga berbanding lurus dengan tarifnya yang semakin mahal. Untuk gambaran tarifnya juga macam-macam. Biasanya mulai dari 100 ribu sampai jutaan rupiah. Untuk itu, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki untuk kebutuhan marketing.
Jangan sampai Anda over budget karena menggunakan jasa influencer dalam harga yang mahal. Ingat masih banyak kebutuhan marketing lain yang harus Anda penuhi ketika sedang melakukan campaign atau promosi.
Itulah beberapa tips dalam memilih influencer untuk kebutuhan promosi perusahaan supaya mendapatkan hasil yang maksimal.
Dalam hal ini budget yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Namun hasilnya akan sepadan dengan budget yang Anda keluarkan. Untuk Anda yang ingin melakukan promosi berupa pemberian souvenir promosi perusahaan Anda bisa melakukan pemesanan di Purwo Production.
Purwo Production hadir dengan berbagai produk souvenir eksklusif perusahaan yang dikemas dalam berbagai produk terbaik. Anda bisa memilih satu dari beberapa produk yang dihadirkan. Semakin menarik dengan layanan yang bisa Anda akses secara online melalui situsnya di www.purwoproduction.co.id.