Tips Aman Bersepeda di Tengah Pandemi Corona

Tips Aman Bersepeda di Tengah Pandemi Corona

Di tengah pandemi corona seperti sekarang ini tetap kita harus melakukan olahraga. Dari sekian jenis olahraga yang ada, bersepeda menjadi salah satu kegiatan yang aman dilakukan. Namun tetap perlu diterapkan beberapa hal supaya wabah tidak menyebar. Untuk itu keluar beberapa anjuran seperti bersepeda sendirian atau yang dikenal dengan solo ride.

Aktivitas ini juga mendapatkan respon baik dari banyak orang dunia. Bahkan Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn, aktor serta mantan Gubernur California, Arnold Schwarzenegger hingga berbagai publik figur terkemuka juga menganjurkan semua masyarakat untuk bersepeda. Aktivitas fisik satu ini dikenal memiliki banyak manfaat.

Mengenal Manfaat Bersepeda

Dikenalnya bersepeda sebagai aktivitas aman di tengah pandemi tentu tidak terlepas dari beberapa manfaatnya. Manfaat pertama dengan melakukan bersepeda Anda bisa terhindar dari penggunaan transportasi publik. Hal ini memiliki tujuan supaya penyebaran virus tidak semakin tersebar luas.

Manfaat yang kedua dengan melakukan kegiatan bersepeda secara langsung Anda sudah meningkatkan imun dan kekebalan tubuh. Menariknya lagi aktif bersepeda juga memperkuat kesehatan mental.

Untuk itu tidak mengherankan apabila banyak yang menyarankan masyarakat untuk bersepeda. Namun tetap gunakan beberapa panduan agar kegiatan bersepeda yang dilakukan tetap aman di tengah pandemi corona seperti saat ini.

Cara Aman Bersepeda Saat Pandemi Corona

1.   Bersepeda Sendirian Maksimal dengan Satu Teman

Melakukan kegiatan bersepeda sendirian atau yang dikenal dengan solo ride dikenal sebagai langkah paling aman di tengah pandemi corona seperti sekarang ini. Ketika Anda melakukan kegiatan bersepeda sendirian potensi Anda untuk terpapar dan juga memaparkan virus juga semakin kecil bahkan nol persen kemungkinannya.

2.   Jika dengan Satu Teman, Lakukan Social Distancing Paling Tidak Dua Meter

Karena sudah terbiasa melakukan kegiatan bersepeda secara ramai-ramai rasanya kurang asyik jika melakukannya sendiri. Anda bisa melakukan kegiatan bersepeda dengan mengajak teman, namun paling banyak satu orang saja.

Jika memang Anda ingin mengajak teman, setidaknya tetap terapkan protokol kesehatan dengan selalu menjaga jarak setidaknya dua meter. Hal ini selain meminimalisir terjadinya tabrakan, melakukan jaga jarak dua meter juga ampuh mencegah penularan virus corona.

3.   Menggunakan Peralatan Milik Sendiri

Virus corona dikenal menular melalui droplet. Untuk itu salah satu cara mencegah penularannya bisa dengan menggunakan peralatan milik sendiri. Gunakan sepeda milik Anda sendiri. Pasalnya jika Anda menggunakan milik orang lain Anda tidak mengetahui dengan jelas bagaimana riwayat penggunaan sepeda tersebut.

4.   Lakukan Bersepeda di Dekat Tempat Tinggal atau di Dalam Kota

Memang tidak ada aturan resmi yang melarang Anda untuk melakukan kegiatan bersepeda di luar kota. Namun di tengah kondisi yang kurang memungkinkan seperti sekarang ini sebaiknya Anda hanya melakukan kegiatan bersepeda di dekat tempat tinggal. Jika menambah suasana baru, Anda bisa melakukannya di dalam kota tempat tinggal Anda.

5.   Jangan Nongkrong Baik Sebelum atau Sesudah Bersepeda

Nongkrong setelah melakukan kegiatan bersepeda merupakan perpaduan yang lengkap. Namun di tengah kondisi seperti sekarang ini sebaiknya hindari kegiatan ngumpul atau nongkrong. Baik sebelum atau setelah melakukan olahraga. Sebaiknya Anda segera pulang untuk membersihkan diri dan juga melakukan aktivitas lainnya.

Sampai disini uraian singkat terkait dengan tips aman melakukan kegiatan bersepeda di tengah pandemi virus corona. Untuk Anda yang ingin bersepeda jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan ya. Salam sehat.

Leave a Reply